Aksi makar 212 dan 313 gagal, benarkah angka sial bagi terduga makar?

TVN24 Online – Muhammad Al Khaththath, Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam yang juga merupakan koordinator didalam aksi 313 ditangkap polisi terkait dugaan makar, Jumat ( 31/3/17 ) dini hari.

Yang sangat aneh, Ketua Majelis Ulama Indonesia Ma’ruf Amin mengaku bahwa dirinya belum mendapatkan informasi soal penangkapan Muhammad Al Khaththath tersebut.

“Saya belum mendapatkan informasi, kenapa ditangkap”, kata Ma’ruf Amin saat usai bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo di Komplek Istana Presiden, Jakarta, Jumat ( 31/3/17).

Ma’ruf mengatakan, kedatangannya untuk menemui Presiden Jokowi adalah untuk membicarakan soal Kongres Ekonomi Umat yang akan digelar MUI pada 22 April mendatang.

Dirinya mengatakan tidak ada pembicaraan mengenai aksi 313 yang akan berlangsung di sekitar Komplek Istana Kepresidenan hari ini. oleh karena itu, penangkapan Muhammad Al Khaththath pun belum diketahui oleh Ma’ruf Amin.

“Saya akan mencoba untuk melakukan konfirmasi kenapa ada penangkapan. alasannya itu apa”, kata Ma’ruf.

Pada saat dilakukan wawancara dengan Ma’ruf, dirinya diberitahu bahwa Muhammad Al Khaththath ditangkap atas dugaan makar. namun dirinya mengaku masih akan menunggu proses dari pihak kepolisian.

“Wah kalau mengenai masalah makar saya tidak tahu itu, apa betul makar? kita tunggu saja, makarya seperti apa, sesuai tidak dengan kaidah kaidah aturan makar”, ucap Ma’ruf Amin.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Argo Yuwono mengatakan polisi telah melakukan penangkapan terhadap Muhammad Al Khaththath pada Jumat ( 31/3/17) dini hari di Hotel Kempinski,Jakarta Pusat.

Selain menangkap Muhammad Al Khaththath, polisi juga telah menangkap empat orang lainnya dengan tuduhan pemufakatan makar.

Empat orang yang telah ditangkap diantaranya ZA, IR, V dan M. keseluruhan empat terduga itu ditangkap di tempat tempat berbeda.

Saat ini, kelima orang yang dituduh dengan tuduhan makar tersebut tengah diperiksa di Markas Komando Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. kelima nya disangkakan ddengan pasal 107 KUHP jo pasal 110 KUHP tentang pemufakatan Makar.

Muhammad Al Khaththath sebelum ditangkap, dirinya pada Kamis pagi kemarin sempat menggelar Konferensi pers di Masjid Baiturrahman, Tebet, Jakarta Selatan terkait dengan aksi 313 yang akan digelar di depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara pada Jumat ( 31/3/17).

Muhammad Al Khaththath diketahui menjadi koordinator sedangkan FUI menjadi penyelenggara didalam aksi 313 itu. aksi tersebut bertujuan untuk menuntut presiden Joko Widodo segera memberhentikan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Thajaja Purnama dari jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta karena telah menjadi terdakwa pada kasus dugaan penodaan agama yang dilakukannya.(TVN24 Online)