China Mengajukan Pengaduan Tarif Terhadap AS Ke WTO

Tvn24Online.net – Kementerian Perdagangan China mengatakan pada hari Senin bahwa mereka telah meluncurkan kasus terhadap Amerika Serikat dengan World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia atas bea masuk AS.

Langkah ini mengikuti putaran terakhir tarif Washington yang diperkenalkan pada impor China oleh administrasi Trump pada hari Minggu. AS mulai mengenakan tarif 15 persen pada berbagai barang Tiongkok, termasuk alas kaki, jam tangan berteknologi tinggi, dan televisi flat-panel. Ini adalah bagian pertama dari tarif yang menargetkan total gabungan barang-barang China senilai $ 300 miliar yang terancam oleh Washington, dengan batch lain dijadwalkan pada 15 Desember 2019.

AS juga akan menaikkan tarif 25 persen yang ada pada produk-produk China senilai $ 250 miliar menjadi 30 persen, mulai bulan Oktober 2019.

Sebagai bagian dari tanggapan langsung, pungutan Beijing, yang juga mulai berlaku pada hari Minggu, akan menargetkan impor AS senilai sekitar $ 30 miliar, dan sebagian besar memengaruhi produk yang sensitif untuk sektor pertanian AS. China juga mulai mengenakan bea baru pada minyak mentah AS.

Tindakan tarif terbaru melanggar konsensus yang dicapai oleh para pemimpin kedua negara selama pertemuan di Osaka, Jepang, kata kementerian itu. China akan secara tegas mempertahankan hak-hak hukumnya sesuai dengan aturan World Trade Organization, katanya menambahkan.

Kenaikan tarif yang dilakukan AS ini bertujuan untuk meningkatkan produksi ekspor AS.  Sejak produk China mulai berdatangan ke AS, produk AS jatuh. Dikarenakan China menjual barang dengan harga yang murah, dan masyarakat lebih memilih produk yang murah dibandingkan dengan yang mahal.

Perang dagang antara AS dan China sudah dimulai pada tahun ini.