Dianggap hambat iklim investasi, Jokowi tegur dua menterinya.

Dianggap-hambat-iklim-investasi-Jokowi-tegur-dua-menterinya.

TVN24 Online – Presiden Jokowi menegur dua orang menteri kabinet kerjannya yakni Menteri Energi dan Sumber daya Mineral, Igansius Jonan dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

Teguran dari Presiden Jokowi terkait dengan peraturan menteri ( permen ) yang dianggap telah menghambat investasi.

“Para permen-permen, baik yang ada di kehutanan dan lingkungan hidup, di ESDM misalnya yang saya lihat dalam satu -dua bulan ini, direspon secara tidak baik oleh investor karena dianggap itu dapat menghambat investasi,” kata Jokowi saat memberikan kata sambutan didalam rapat kabinet paripurna dengan topik RAPBN tahun 2018 di Istana Negara, Jakarta, Senin ( 24/7/17 ).

“Ini tolong menjadi catatan dan juga permen-permen lainnya. Tolong hati-hati,” tambah Jokowi.

Jokowi mengingatkan kepada para memberi lainnya yang hadir didalam rapat paripurna tersebut untuk lebih berhati-hati didalam menerbitkan permen.

Sebelum permen dikeluarkan, Jokowi meminta ada perhitungan serta kalkulasi yang matang dulu.

Baca : HTI murka, beredar daftar anggota serta pengurus ormas HTI

“Dapat diberikan waktu untuk pemanasan terlebih dahulu, komunikasikan dengan masyarakat, dengan para pemangku kepentingan jangan lupa untuk dilakukan terlebih dahulu. Sehingga jangan sampai nanti menerbitkan peraturan menteru yang nantinya bisa menghambat dunia usaha dan hanya dapat menambah kewenangan dari kementerian itu sendiri,” kata Jokowi.

Jokowi mengingatkan, yang harus dilakukan negara saat ini adalah mempermudah dunia usaha untuk melebarkan ekspansi, berinvestasi dan dapat mengembangkan usahanya.

Oleh karena itu, jangan sampai permen tersebut justru memberikan ketakutan kepada para pengusaha untuk berinvestasi.

“Karena ini kan menyangkut pertumbuhan ekonomi, menyangkut didalam memperluas lapangan pekerjaan, itu yang harus kita negerti tujuannya sampai mana,” ucap Jokowi.

Sementara itu, Menteri Siti merasa tidak pernah mengeluarkan permen yang dianggap mempersulit pengusaha dalam berinvestasi.

Siti mengatakan, selam ini tidak pernah mendapatkan keluhan dari para pengusahan yang diarahkan kepada kementeriannya.

“tidak, tidak pernah kedengaran, ributnya apa coba,” kata Siti saat usai rapat kabinet.

Dirinya juga mengakui tidak pernah mendapatkan teguran maupun peringatan dari Jokowi terkait dengan permen yang dianggap tidak ramah dalam investasi.

Meskipun demikian, Dirinya mengaku akan segera mengevaluasi apakah ada permen yang telah diterbitkan kementeriannya yang menganggu iklim usaha.

“Makanya nanti saya akan cek kembali. Saya harus pelajari dulu karena yang ngomong kan Presiden, harus saya cek dulu,” kata Siti. ( TVN24 Online )