Jadi Justice Collaborator, Choel akan beberkan para penerima dana Hambalang

Jadi-justice-collaborator-choel-akan-beberkan-para-penerima-dana-hambalang

TVN24 Online -Andi Zulkarnain Mallarangeng alias Choel tersangka didalam kasus korupsi pembangunan Pusat Olahraga Hambalang telah mengajukan diri sebagai Justice Collaborator usai masa penahannya diperpanjang menjadi 40 hari. dirinya juga mengaku akan segera ikut mengungkap penerima aliran dana di dalam kasus korupsi yang menjeratnya.

“Saya telah siap dong”, ujar Choel saat dicegat oleh awak media di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jumat ( 24/2/17). Choel merupakan adik dari Andi Alfian Mallarangen. Menpora didalam kasus Hambalang.

Dirinya terlihat enggan mengungkapkan kepada para awak media perihal siapa saja yang menerima aliran dana dari kasus korupsi pembangunan Pusat Olahraga Hambalang. Namun dirinya menyampaikan bahwa nama nama orang yang akan segera diungkap adalah orang yang sangat familiar.

Ketika ditanya apakah salah satu orang yang akan dia ungkap merupakan anggota Badan Anggaran DPR saat korupsi terjadi, dirinya juga terlihat tidak membenarkan atau membantah. dia pun kemudian mengatakan kepada awak media bahwa awak media sebelumnya pasti sudah tahu orang orang yang akan di ungkapkannya.

Seperti diketahui sebelumnya, di dalam kasus korupsi proyek Hambalang ini, Badan Anggaran telah menyetujui adanya lonjakan anggaran didalam proyek sampai mencapai Rp.2.5 Triliun.

“Sudah sangat jelas itu semua. saya kira anda sekalian sudah mengikuti Hambalang selama lima tahun ini kan? Pasti sudah tahu daftar daftar siapa saja, nama di dakwaan, bukti yang sudah terbuka di dalam persidangan kan. saya rasa itu sudah sangat jelas”, ujar Choel.

Sebagimana telah diberitakan sebelumnya, pihak KPK telah menetapkan Andi Zulkarnain Mallarangeng alias Choel sebagai tersangka didalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olah raga Nasional ( P3SON) Hambalang yang terjadi pada tahun anggaran 2010-2012 karena tersangka memanfaatkan jabatan kakaknya, Andi Mallarangeng sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga saat itu. Dirinya telah memanfaatkan jabatan dari kakaknya untuk dapat meraih untung sebesar Rp.2 Miliar dan 550 Ribu Dollar AS didalam proyek pembangunan Hambalang ini.

Oleh KPK, Andi Zulkarnain Mallarangeng alias Choel akan dijerat dengan pasal 2 ayat 1 dan atau pasal 3 UU no 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang Undang no 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juntho Pasal 55 ayat 1 ke -1 KUHP.(TVN24 Online)