KPK mulai ungkap alasan berkas Novanto cepat dilimpahkan

KPK mulai ungkap alasan berkas Novanto dilimpahkan

TVN24 Online – Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) telah menyelesaikan dan melengkapi surat dakwaan Ketua DPR RI Setya Novanto.

Juru bicara KPK,  Febri Diansyah mengatakan didalam surat dakwaan tersebut telah dibeberkan sejumlah anggota DPR RI hingga pejabat dilingkungan Kementerian Dalam Negeri yang di duga telah menerima uang dari proyek e-KTP.

“Mereka ada yang dari anggota DPR RI, ada juga yang dari kementerian, nanti kita lihat saja didalam surat dakwaan saja,”ujar Febri, Rabu ( 6/12/17 ) di KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Febri melanjutkan selain telah membeberkan dugaan penerimaan uang yang dilakukan oleh sejumlah anggota dewan maupun pejabat dilingkungan Kementrian Dalam Negeri, KPK juga telah menguraikan dugaan yang telah diterima Ketua DPR RI Setya Novanto dari proyek pengadaan E-KTP senilai Rp.5.9 triliun tersebut.

“Ada sejumlah pihak yang juga telah diuntungkan termasuk akan diuraikan oleh dugaan tersangka SN yang diuntungkan dari proyek E-KTP ini. Itu belum ada didalam dakwaan sebelumnya,”ujar Febri.

Baca juga :  DPRD DIY malu melihat Amien Rais yang sibuk menebar fitnah ke presiden Jokowi

Dirinya menambahkan, didalam berkas perkara Setya Novanto yang telah dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta sore tadi, turut disertakan juga sejumlah dokumen lainnya yaitu Berita Acara Pemeriksaan ( BAP ) sejumlah saksi dan ahli , Berita Acara Penyitaan serta berita acara penahanan serta daftar barang bukti.

“Kita ada lampirkan semua dokumen-dokumen yang telah disyaratkan di KUHAP,” ujar Febri.

Dirinya menuturkan didalam proses penyidikan, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat tersebut juga ada saksi-saksi baru yang telah diperiksa termasuk bukti baru yang juga telah dikantongi oleh pihak penyidik KPK ditambah kesaksian dari Andi Agustinus didalam persidangan pada beberapa waktu yang lalu.

Atas dasar itu, diungkapkan Febri pihaknya sangat yakin dengan semua berkas perkara Setya Novanti yang telah dilimpahkan tersebut dan akan segera disidang di Pengadilan Tipikor Jakara.

“Oleh karena itu waktu yang diperlukan untuk memperoses berkas dan juga dakwaan untuk SN itu bisa lebih cepat dan untuk berkas lainnya,”tutur Febri.( TVN24 Online  )

Tinggalkan Balasan