Kuasa hukum Novanto ingatkan KPK terkait praperadilan Setya Novanto

Kuasa hukum Novanto ingatkan KPK terkait praperadilan Setya Novanto

TVN24 Online  – Kuasa Hukum dari Setya Novanto, Fredrich Yunadi mengingatkan Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) untuk dapat menghormati keputusan pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait dengan putusan praperadilan yang diajukan oleh kliennya.

Didalam keputusan PN Jakarta Selatan tersebut jelas telah disebutkan bahwa KPK harus menghentikan segala proses penyidikan terhadap Setya Novanto didalam kasus E-KTP.

“Nah, disini saya harus menjelaskan didalam keputusan praperadilan kemarin 29 September 2017 sangat jelas kata-katanya ‘ Mengabulkan penetapan tersangka Setya Novanto yang dikeluarkan oleh KPK dinyatakan tidak sah,” kata Fedrich di kantornya, Selasa ( 7/11/17 ).

Baca juga :  Sandiaga : konsep rumah berlapis sama dengan rumah susun

“Kita harus bisa mereview bahwa diperintah untuk memberhentikan proses penyidikan,”tegasnya.

Fedrich menegaskan, tidak ada alasan serta landasan hukum apapun bagi KPK jika mereka ingin memeriksa ulang atau menetapkan tersangka kepada Novanto karena menurutnya putusan praperadilan sudah mengunci langkah KPK.

“Oleh karena itu, bila ada pihak KPK yang nekat melakukan penyidikan ulang kepada Novanto dengan objek yang sama akan dapt dijerat dengan pasal 216 KUHP dan pasal 421 KUHP,”katanya.

“Yang intinya barang siapa yang melawan penegakan hukum akan dipenjara 1 tahun 6 bulan. Barang siapa yang melawan putusan pengadilan akan diancam dengan hukuman 9 tahun,” tuturnya.( TVN24 Online )