Mengejutkan, Sri Rahayu Ningsih ternyata agen sindikat penyebar ujaran kebencian SARACEN

Hina presiden dan sejumlah parpol, Sri Rahayu Ningsih ( Ny Sasmita ) ditangkap polisi

TVN24 Online  – Mungkin anda masih ingat dengan pemilik akun Facebook bernama Sri Rahayu Ningsih alias Ny Sasmita yang ditangkap polisi di Cianjur, Jawa Barat pada 05 Sgustus 2017. Ternyata Sri Rahayu merupakan agen sindikat penyebar ujaran kebencian dan SARA bernama SARACEN.

Wanita yang telah berusia 32 tahun itu ditangkap karena terbukti telah melakukan penyebaran ujaran kebencian dan SARA serta berita bohong atau HOAX melalui akun Facebooknya selama setahun terakhir. Dirinya juga melakukan penghinaan terhadap Presiden Jokowi.

“Iya, SRN salah satu. Di SARACEN bertindak sebagai koordinator wilayah Jawa Barat,” ujar Kasubag Ops Satgas Patroli Siber Bareskrim Polri AKBP Susatyo Purnomo di Mabes Polri, Jakara, Rabu ( 23/8/17 ).

Sejauh ini, Satgas patroli siber telah menangkap tiga orang anggota sindikat penyebar kebencian SARACEN. Dua diantaranya berinisial JAS ( 32 ) yang merupakan ketua SARACEN dan MFT ( 43 ) yang berperan sebagai koordinator bidang media dan informasi.

Baca :  Hina presiden dan sejumlah parpol, Sri Rahayu Ningsih ( Ny Sasmita ) ditangkap polisi

“Kelompok SARACEN ini memiliki struktur sebagaimana layaknya sebuah organisasi pada umumnya dan telah melakukan aksinya sejak bulan November 2015,” ujar Kasubdir Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Komisaris Besar Irwan Anwar.

JAS dapat dikatakan sebagai otak kejahatan sibet. Pria yang mahir didalam teknik informasi ini dipercayai sebagai ketua jaringan lantaran dirinya memiliki kemampuan diatas rata-rata anggotanya.

“Dia memiliki kemampuan untuk merecovery akun anggotanya yang telah diblokir dan bantuan pembuatan berbagai akun yang baik bersifat real, semi-anonymous maupun anonymous,” ujar Irwan.

Baca :  Terciduk , Pemilik akun Ringgo Abdullah sang penghina presiden

Adapun MFT memiliki peran sebagai bagian produksi dan menyebarkan konten ujaran kebencian berbau SARA melalui sejumlah media sosial. Dia juga yang mengunggah meme atau foto yang diedit dengan nuansa kebencian melalui akun pribadinya.

“SRN melakukan ujaran kebencian dengan melakukan postingan atas namanya sendiri maupun dibagikan ulang postingan tersebut dari anggota SARACEN yang bermuatan penghinaan dan SARA dengan menggunakan akun pribadinya dan beberapa akun lain yang dipinjam dari tersangka JS,” ungkapnya. ( TVN24 Online )

2 thoughts on “Mengejutkan, Sri Rahayu Ningsih ternyata agen sindikat penyebar ujaran kebencian SARACEN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.