Pengguna android harus hati-hati menggunduh aplikasi di Google Play

Pengguna-android-harus-hati-hati-menggunduh-aplikasi-di-Google-Play

TVN24 Online – Jika anda merupakan pengguna smartphone berbasis android, mulai sekarang berhati-hatilah. Sebab lebih dari 800 aplikasi android yang terdapat di Google Play Store ditemukan terinfeksi dengan malware pengumpul informasi yang biasa disebut Xavier.

Menurut pakar keamanan Trend Micro, malware tersebut dapat terinstal diberbagai aplikasi android gratis seperti editor foto dan wallpaper dan kini telah di download jutaan kali sampai saat ini.

Malware ini sebenarnya adalah sebuah elemen perpusatakaan iklan yang terintegrasi didalam aplikasi gratis yang memungkinkan iklan sebagai sumber pendapatan bagi para pengembang mereka dan sering disebut sebagai adware.

Tapi ada bagian dari adware yang relatif tidak berbahaya dan sederhana ketika muncul dua tahun yang lalu. Xavier baru-baru ini telah berevolusi menjadi perangkat lunak yang sangat berbahaya serta sangat canggih.

Baca juga : Line hadirkan fitur baru di tahun 2017

Ahli keamanan Trend Micro mengatakan bahwa pihaknya sekarang mampu untuk menghindari deteksi, eksekusi kode jarak jauh dan dapat mencuri informasi. Dengan kata lain, malware ini sangat cerdas untuk melepaskan diri dari analisis yang dijalankan oleh program keamanan. Malware ini telah dirancang untuk mendownload kode yang dapat di eksekusi dari server dan dikonfigurasi untuk dapat mengumpulkan data pengguna sensitif tanpa henti termasuk alamat e-mail, id, perangkat, model, versi, produsen, negara, operator jaringan, resolusi serta aplikasi terinstal.

Jumlah pengguna yang dilaporkan paling banyak terinfeksi berasal dari negara-negara bagian di Asia Tengara seperti Vietnam, Filipina dan Indonesia dengan jumlah unduhan yang lebih sedikit dari AS dan Eropa.

Menurut Phonearena, tren yang dilihat lebih memprihatinkan karena ini bukanlah yang pertama kali saat Google Play Store dilaporkan telah menjadi sarang aplikasi yang terinfeksi malware.. Ini benar-benar terjadi dua kali di dalam beberap bulan terakhir ini. Pada bulan Maret ketika lebih dari 100 aplikasi yang terdapat di Play Store mencoba meninfeksi perangkat android dengan perangkat lunak windows. Dan pada bulan Mei ketika lebih dari 36 juta pengguna android terkena marware Judy.

Sisi baiknya adalah anda masih memiliki cara mudah untuk dapat melindungi perangkat pintar anda dengan mengunduh aplikasi dari pengembang terpercaya yang ada di Google Play.( TVN24 Online )

 

One thought on “Pengguna android harus hati-hati menggunduh aplikasi di Google Play”

  1. I got this web site from my friend who shared with me on the topic of this web page and at the moment this time I am browsing this website and reading very informative articles or reviews here.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.