Rencana Huawei Mengunakan OS Sendiri

Rencana Huawei Mengunakan OS Sendiri

Rencana Huawei Mengunakan OS Sendiri – Huawei dikabarkan akan membangun sistem operasi (Operating System/OS), Kepala Divisi  Huawei,” Richard Yu  mengatakan dua sistem operasi akan siap pada empat tahun ini. Dan sistem operasi tersebut akan digunakan pada pertengahan tahun 2020. Sistem operasi juga akan menyediakan toko aplikasi sendiri yang disebut App Gallery.

Saat ini App Gallery diinstal pada perangkat Huawei, tetapi app store default untuk konsumen yang sering digunakan adalah Google Play Store.

“Saat ini ,Huawei masih menggunakan Microsoft Windows dan Google android. Namun Huawei menyiapkan alternatif untuk mengunakan sistem operasi sendiri,kata” Richard Yu”

Penelitian Neil Shah “Direktur dari Counterpoint, Huawei akan mengalami kesulitan yang dihadapi jika memakai sistem Operasi (Operating Sistem/OS) sendiri.

Kesulitan Unutk Huawei Meluncurkan OS Sendiri

Kesulitan yang akan dihadapi adalah Keamanan aplikasi yang digunakan pada sistem operasi karena keamanan aplikasi sangat penting, termasuk memindai dan melakukan sertifikasi aplikasi.

Kesulitan kedua Huawei harus membuat sistem operasi dengan software yang senyaman android dan berbagai aplikasi beragam.

Kesulitan ketiga Huawei akan kesulitan mendapatkan pasokan cip. Sebab Perusahaan semikonduktor ARM menunda bisnisnya dengan Huawei.

Chipset adalah bagian utama dari kecerdasan sebuah ponsel. Jika ARM memblokir Huawei maka akan menjadi kesulitan bagi sistem operasi Huawei, karena sistem operasi yang digunakan sangat bergantung pada arsitektur chipset. Yang paling penting jika sistem operasi itu dibuat berbasis pada  arsitektur ARM.

Amerika Serikat Memasukkan Huawei dalam daftar Blacklist perusahaan yang harus mendapatkan izin pemerintah bila ingin transaksi dengan perusahaan AS. Artinya Huawei tidak bisa membeli lisensi sistem android dari google.

Tetapi pemerintah Amerika Serikat memberikan penangguhan terhadap Huawei, tetap menggunakan teknologi AS selama 90 hari kedepan.

Karena para pengguna akan kesulitan untuk memasang aplikasi favorit dari play store jika Huawei tidak diizinkana lagi mengunakan Android.

Baca Juga: 5 Bahaya Menghampiri Jika Menggunakan Vpn