Rusia klaim pimpinan ISIS tewas dalam serangan 28 Mei

Rusia-klaim-pimpinan-ISIS-tewas-dalam-serangan-28-Mei

TVN24 Online – Kementerian Pertahanan Rusia pada Jumar ( 16/6/17 ) melaporkan, militernya sudah mengkonfirmasi bahwa pimpinan Kelompok Negara Islam Irak an Suriah (ISIS ), Abu Bakar al Baghdadi dipastikan tewas.

Kepastian itu berdasarkan pada hasil pemeriksaan informasi mengenai serangan udara yang dilancarkan pada 28 Mei 2017 yang menargetkan pertemuan dewan militer ISIS di pinggiran kota Raqqa, Suriah Utara.

“Menurut informasi sekarang yang diperiksa di berbagai saluran, turut hadir didalam pertemuan tersebut adalah pimpinan ISIS, Abu Bakar al Baghdadi yang tewas sebagai hasil dari serangan udara tersebut,” demikian informasi dari pihak Rusia melalui akun media sosial Facebook.

Sebelumnya Kementerian Pertahananan Rusia belum sepenuhnya menyakini dan mengaku sedang melakukan pengecekan informasi tentang sebuah serangan udara negaranya disekat Raqqa, Suriah yang kemungkinan telah membunuh Abu Bakar al Baghdadi pada akhir Mei lalu.

Namun pada Jumat, Rusia telah mengkonfirmasi bahwa serangan udara yang dilancarkan tersebut benar telah menewaskan pimpinan ISIS. Serangan udara diluncurkan setelah pasukan Rusia di Suriah menerima informasi dari intelijen bahwa akan adanya pertemuan dewan pemimpin ISIS yang sedang direncanakan.

“Pada 28 Mei, setelah pesawat tidak berawak digunakan untuk mengkonfirmasi mengenai tempat dan waktu pertemuan para pemimpin ISIS. Diantara pukul 00.35 dan 00.45 waktu setempat, Angkata Udara Rusia telah melancarkan serangan ke titik yang diperintahkan dimana para pemimpin ISIS berada,” catat Kementerian Pertahanan Rusia.

Sementara itu, pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat yang ikut melawan ISIS mengaku tidak dapat mengkonfirmasi laporan Rusia bahwa pimpinan ISIS mungkin telah terbunuh.

Serangan yang dilancarkan diyakini telah membunuh beberapa pemimpin senior dan pemimpin level menenggah ISIS.

Terdapat sekitar 30 komandan lapangan dan lebih dari 300 penjaga pribadi mereka tewas didalam serangan yang dilancarkan tersebut, demikian laporan Kementerian Pertahanan Rusia.

Pernyataan itu juga telah menyebutkan, para pemimpin ISIS telah berkumpul di pusat komando mereka, dipinggiran Selatan kota Raqqa utnuk membahas rute mundur militan di kota tersebut.

Amerika Serikat diberitahu sebelumnnya tentang tempat dan waktu serangan akan dilancarkan, kata militer Rusia.

Militan ISIS kini telah hampir mendekati kekalahan di ibu kota kembar wilayah tersebut yakni di kota Mosul , Irak dan Raqqa, Suriah.

Pasukan Rusia yang mendukung penuh pemerintah Suriah dibawah kepemimpinan Presiden Bashar Al Assad yang berperang melawan ISIS, terutama dari sisi Barat. Sedangkan pasukan koalisi AS yang mendukung pasukan pemerintah Irak yang juga berperang melawan ISIS melalui sisi timur Suriah.( TVN24 Online )

 

Tinggalkan Balasan