Sandiaga Uno akui warga dengan penghasilan dibawah UMP akan sulit membeli rumah DP 0 rupiah

Sandiaga Uno akui warga dengan penghasilan dibawah UMP akan sulit membeli rumah DP 0 rupiah

TVN24 Online  – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan warga yang memiliki penghasilan dibawah Upah Minimum Provinsi ( UMP ) kemungkinan akan sulit membeli rumah dengan skema uang muka 0 rupiah.

Pemprov DKI Jakarta, kata dia, akan memikirkan cara lainnya agar para warga dengan kriteria tersebut juga bisa memiliki rumah.

“Mereka kelihatannya tidak bisa masuk kedalam skema rumah Dp Rp.0 karena pendapatannya dibawah UMP. Nah, di situ mungkin intervensi pemerintah untuk dapat memberikan opsi lain,”ujar Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Senin ( 22/1/18 ).

Sandiaga menjelaskan, salah satu opsi tersebut yang kini dipikirkan adalah membangun rumah susun sederhana sewa ( Rusunawa ).

Baca juga :  Tanggapi Ketum PAN Zulkifli Hasan, Bamsoet : tidak ada pembahasan RUU LGBT di DPR

Warga berpenghasilan dibawah UMP nantinya juga bisa menyewa dalam jangka waktu tertentu. Setelah itu, rusun tersebut bisa menjadi hak kepemilikan yang bersangkutan.

“Dulu terpikirkan juga sih opsinya dibuatkan rusunawa. Jadi mereka akan menyewa di situs. Tetapi konsep menyewanya itu mungkin menyewa dalam jangka waktu panjang sekali sehingga pada saat di ujung penyewaannya itu mereka memiliki opsi memiliki rusun tersebut dengan beberapa skema,”ujar Sandiaga.

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman di DKI Jakarta, lanjut Sandi, saat ini tengah mengkaji serta menghitung skema yang tepat untuk merealisasikan program tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya juga mengakui ada warga yang tidak dapat memiliki hunian meski melalui skema Dp 0 persen. Anies kini masih memikirkan cara agar para warga bisa menyewa terlebih dahulu sebelum menjadi hak milik.

Anies mengatakan, Pemprov DKI sedang melakukan kalkulasi kebijakan tersebut. Contohnya seperti durasi didalam penyewaan hingga akhirnya menjadi hak milik.

“Kemarin didalam diskusi yang kami siapkan adalah para warga dapat menyewa dalam jangka waktu panjang. Kalau mereka tertib, nanti ujungnya bisa menjadi miliknya,”ujar Anies , Jumat ( 19/1/18 ). ( TVN24 Online )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.