Tolak diperiksa, Eggi terlibat didalam organisasi Saracen ?

Eggy Sudjana bantah keterlibatan dirinya dalam organisasi Saracen

TVN24 Online  – Koordinator Tim dari Pembela Demokrasi Indonesia ( TPDI ) Petrus Selestinus sangat menyesalkan pernyataan pengacara Eggi Sudjana yang tidak ingin dimintai keterangan oleh kepolisian terkait dengan kelompok Saracen.

Polisi hendak melakukan pemeriksaan terhadap Eggi setelah nama pengacara itu disebut sebagai Dewan Penasehat didalam struktur kepengurusan kelompok Saracen.

Menurut Petrus, sikap penolakan yang dilakukan Eggi sangat tidak sesuai dengan profesinya sebagai seorang advokat profesional.

“Eggy seharusnya jangan bersikap berang dengan mengeluarkan pernyataan yang tidak etis bahkan sangat tidak profesional, seakan-akan karena adanya pemanggilan itu, pihak polisi mengajaknya perang,” ujar Petrus melalui keterangan tertulis, Minggu ( 27/8/17 ).

Petrus mengatakan, polisi yang merupakan penegak hukum yang harus dipatuhi siapapun tak terkecuali pengacara.

Menurutnya, Eggi tidak boleh membawa perasaan berlebihan seolah-olah polisi sengaja mengincar dirinya untuk di kriminalisasi.

Baca :  Eggy Sudjana bantah keterlibatan dirinya dalam organisasi Saracen

Sehingga, Petrus meminta Eggi untuk dapat memenuhi panggilan penyidik jika dipanggil nantinya.

Eggi, lanjut Petrus, semestinya dapat menunjukan sikap kooperatif jika memang merasa sebagai korban pencatutan nama oleh Saracen.

“Klarifikasi apa yang dapat disumbangkan kepada penyidik untuk dapat mengungkapkan secara tuntas siapa saja pelaku penyebar hoax Saracen,” kata Petrus.

Sebagai seorang teman , kata Petrus, dirinya meminta Eggi agar dapat berjiwa besar dan bukan berkoar-koar menyatakan dirinya menjadi korban.

Eggi diharapkan dapat membantu polisi dengan memberikan keterangan terkait dengan kasus ini sepanjang pengetahuannya.

“Tentang apa saja yang diketahui atau yang dialami sendiri, termasuk untuk hal-hal yang sama sekali tidak tahu, sesuai dengan KUHAP,” kata Petrus.

Sebelumnya Analis Kebijakan Madya Bidang Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Komisaris Besar Sulistyo Pudjo Hartono menyatakan, Ketua pengurus Saracen, Jasriadi mengakui Eggi merupakan penasihat kelompok penyebar konten SARA.

Namun kemudian lewat dari media massa, Jasriadi mengatakan tidak mengenal dengan Eggi.

Eggi menambahkan, menurut pengakuan dari tersangka, namanya baru direncanakan untuk masuk kedalam struktur dewan pengurus dan hal itu belum dikomunikasikan dengannya.

Eggi kemudian melanjutkan, seharusnya pihak penyidik menjadikan keterangan Jasriadi di media massa tersebut sebagai bahan pertimbangan hukum untuk tidak memeriksa dirinya. Sebab Jasriadi telah membantah pernyataannya sendiri.

“Secara hukum itu adalah fitnah. Difitnah, tapi kan sudah dia klarifikasi. Jadi polisi tidak perlu lagi memeriksa saya,” ujarnya. ( TVN24 Online )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.