1 Tewas, 6 Luka-Luka Akibat Bom Bunuh Diri Di Medan

Tvn24Online.net – Seorang tersangka pelaku bom bunuh diri di luar kantor polisi di Medan, Indonesia. Menewaskan satu penyerang dan enam orang lainnya cedera, kata pihak berwenang, Rabu (13/11).

Ledakan itu terjadi sekitar pukul 8:45 pagi waktu setempat di kompleks di Medan, Sumatra selama apel pagi.

“Kami menduga ini adalah bom bunuh diri dengan satu penyerang tewas,” menurut Dedi Prasetyo, juru bicara kepolisian.

Dia mengatakan setidaknya enam orang terluka, termasuk empat perwira dan dua warga sipil. Tetapi luka-luka mereka tidak parah.

Motif serangan itu tidak diketahui dengan segera. Tetapi kantor polisi telah sering menjadi sasaran bagi kaum radikal di negara mayoritas Muslim terbesar di dunia, yang telah lama berjuang dengan militan Islam.

Pada Agustus, pihak berwenang menembak dan menangkap seorang gerilyawan yang menyerang petugas di sebuah stasiun di Surabaya. Sementara di bulan Juni, seorang terluka parah ketika ia mencoba meledakkan dirinya di luar gedung polisi di pulau Jawa.

Bulan lalu, presiden Joko Widodo memerintahkan langkah-langkah keamanan yang ditingkatkan setelah dua gerilyawan dari kelompok teror yang terkait dengan ISIS menikam menteri keamanan utamanya. Ia selamat dari serangan itu.

Pasangan itu kemudian diidentifikasi sebagai anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD), jaringan ekstremis yang setia pada IS dan bertanggung jawab atas beberapa serangan sebelumnya – termasuk pemboman bunuh diri yang mematikan di gereja-gereja di Surabaya tahun lalu.