Alasan Putin Tak Mau Hadiri Pemakaman Bos Wagner Prigozhin

TVN24 Online — Presiden Vladimir Putin dipastikan tidak akan menghadiri pemakaman Yevgeny Prigozhin, pemimpin tentara bayaran Wagner Group,  yang tewas dalam kecelakaan pesawat pekan lalu.

Melansir dari Reuters, Dmitry Peskov, juru bicara Kremlin mengatakan, mereka tak tahu soal rencana pemakaman Prigozhin. Menurut mereka, pemakaman tersebut merupakan urusan pribadi keluarga Prigozhin.

Berita mengenai kematian Prigozhin masih membayangi pemerintahan Rusia. Beberapa pihak menuding Rusia sebagai dalang di balik kecelakaan yang membuat Prigozhin tewas.

Walaupun Rusia sudah memberikan bantahan, sejumlah pihak tetap merasa jia Negeri Beruang Merah bertanggung jawab atas kematian Prigozhin. Apalagi mengingat rekam jejak negara tersebut terhadap orang-orang yang membangkang.

Saat invasi Rusia di Ukraina terjadi pada Februari 2022, sebenarnya Prigozhin dan Wagner merupakan kelompok kepercayaan dan andalan Negeri Beruang Merah dalam pertempuran di medan perang Ukraina.

Sampai pada akhir tahun lalu, pasukan Wagner jadi tombak utama Rusia. Di mana mereka membuka jalan bagi tentara Rusia untuk masuk ke titik-titik penting yang ada di Ukraina.

Akan tetapi, diketahui belakangan, Prigozhin mulai membocorkan berbagai kebobrokan tentara dan pejabat pertahanan Rusia.

Prigozhin membongkar ketidak profesioalnya komando dan pasukan Rusia di lapangan yang membuat mereka kewalahan melawan Ukraina.

Wagner kemudian menarik pasukannya dari Ukraina pada tahun ini. Kemudian pada Juni lalu, Wagner melancarkan beberapa serangan pemberontakan di Rusia.

Di luar kegagalan pemberontakan tersebut, Rusia dan Belarus mencapai kesepakatan. Dari kesepakatan tersebut, Belarus akan menampung Prigozhin dan Wagner di negaranya.

Rusia memastikan tak akan menuntut Prigozhin apabila mau angkat kaki ke Belarus, sebagai timbal baliknya.

Akan tetapi, para pakar merasa nyawa Prigozhin tak lagi aman, sebab Presiden Vladimir Putin tak akan mengampuni pengkhianat.

Semenjak kesepakatan itu, keberadaan Prigozhin sering menjadi misteri. Di ketahui dia hanya pernah muncul satu kali lewat video, yakni dua hari sebelum pesawat yang ia tumpangi mengalami kecelakaan di Tver.

Beberapa ahli merasa ada kejanggalan dari kecelakaan itu, yang mana salah satunya karena pesawat sebenarnya baik-baik saja.

Tetapi, tiga puluh detik sebelum jatuh, pesawat tersebut menukik tajam ke bawah sampai pada akhirnya menghantam tanah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *