Cari Tahu Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman Hias di Rumah Yuk!

TVN24 Online — Pakah kamu suka ngopi di rumah? Kalau iya, sebaiknya ampas kopi jangan dibuang, karena bisa sangat bermanfaat buat kesehatan tanaman hias yang kamu miliki.

Kopi memberikan banyak manfaat buat konsumennya. Namun lebih dari itu, ampas kopi juga memiliki manfaat  untuk tanaman hias di rumah.

“Ampas kopi atau sisa penggunaan kopi mengandung sejumlah besar nitrogen, serta potasium dan fosfor,” kata pakar kopi Lewis Spencer, dikutip dari Homes and Gardens.

Kandungan yang terdapat pada ampas kopi yang menakjubkan ini memiliki banyak manfaat buat tanaman. Ampas kopi bisa menambah sejumlah besar nitrogen yang memungkinkan tanaman menyerap air dan nutrisi.

Berikut ini manfaat ampas kopi untuk tanaman hias, secara umum.

1. Kompos ampas kopi

Biasanya, pembuatan kompos melibatkan sampah dapur. Ampas kopi jelas bisa dimasukkan dalam bahan kompos.

Kompos biasanya menggunakan bahan hijau dan coklat. Walaupun tampilannya coklat-hitam, ampas kopi masuk dalam kategori bahan hijau sebab sifatnya yang menambahkan nitrogen.

Dilansir dari Reader’s Digest, sebaiknya kompos menggunakan bahan hijau dan coklat dengan perbandingan 1:1. Jika ampas kopi sebagai bahan hijau, maka kamu bisa menggunakan bahan coklat seperti koran dan daun kering.

Sambil menikmati kopi, kamu bisa mengumpulkan ampas bersama daun kering dan bahan lain, kemudian biarkan selama beberapa bulan atau hingga benar-benar terurai.

2. Pupuk

Ampas kopi juga bisa digunakan sebagai pupuk. Ada beberapa cara penggunaan pupuk ampas kopi.

Spencer memberikan saran untuk menaburkan ampas kopi langsung ke tanah. Lalu, aampas kopi akan menambahkan bahan organik ke tanah, membantu retensi air, aerasi (menambah oksigen atau udara), dan drainase.

“Sisa kopi encer juga bisa untuk pupuk tanaman cair. Cukup campurkan dua cangkir bubuk kopi yang diseduh dengan lima galon air (18 liter) dalam ember [diamkan] semalaman,” ujar Spencer.

3. Usir hama

Kamu tidak harus memakai pestisida atau bahan kimia lain untuk menghalau hama. Tinggal taburkan ampas kopi akan mengusir siput yang mengganggu tanaman. Sebab, ampas kopi akan memunculkan aroma yang tidak disukai siput.

4. Menjauhkan kucing dari tanaman hias

Kucing sering tertarik bermain-main dengan tanaman hias. Untuk mencegah hal ini, kamu bisa menaburkan  ampas kopi pada permukaan media tanam.

Aroma kopi dikatakan bukan aroma yang disukai kucing. Tak hanya ampas kopi, kamu bisa menambahkan  aroma jeruk menggunakan daun jeruk purut. Selain itu, aromanya juga ampuh menjauhkan hewan kesayangan dari tanaman kamu.

Walaupun manfaat ampas kopi untuk tanaman hias terlihat menjanjikan, tidak semua tanaman cocok memakai ampas kopi.

Tanaman yang cocok dengan ampas kopi adalah tanaman yang menyukai asam sebab kopi akan menurunkan pH tanah. Sejumlah jenis tanaman seperti mawar, azalea, lili dan hollies akan tumbuh dengan baik berkat ampas kopi.

Selain itu, tanaman sayur juga cocok menggunakan ampas kopi. Kamu disarankan menggunakan ampas kopi yang sudah dikompos. Kompos ampas kopi akan disukai blueberry, bayam, selada, dan arugula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *