Dapat Restu Raja Charles III, Rishi Sunak Resmi Jadi PM Inggris

TVN24 Online — Setelah mendapatkan restu dari Raja Charles III di Buckingham Palace, Rishi Sunak resmi jadi Perdana Menteri Inggris, pada Selasa (25/10).

Seperti dikutip CNN, Sunak telah resmi menjadi perdana menteri kelima Inggris dalam enam tahun belakangan usai bertemu Charles di istana pada Selasa pagi.

Rishi Sunak menjadi Perdana Menteri Inggris baru, pada Senin (24/10). Dia menggantikan Liz Truss yang menyatakan mundur pada hari ke-45 menjabat pada pekan lalu.

Mantan Menteri Keuangan pada era Boris Johnson ini menempati posisi PM Inggris. Setelah satu-satunya rival, yakni Penny Mordaunt, mengundurkan diri dari pencalonan.

Sunak sendiri adalah salah satu menteri yang populer di kabinet Johnson. Di mana namanya terus meroket setelah jadi salah satu menteri pertama di kabinet yang menyatakan mundur dari jabatan. Hal ini dilakukannya sebagai bentuk protes terhadap Johnson.

Sunak sendiri saat itu menegaskan tidak lagi mempunyai alasan lagi untuk berada di kabinet Johnson sebab pemerintah sudah tidak bisa dipercaya lantaran rentetan skandal yang muncul.

Akhirnya, langkah Sunak itu pun diikuti oleh sembilan menteri serrta puluhan pejabat lainnya hingga membuat Johnson akhirnya mengundurkan diri pada awal Juli lalu.

Diketahuiu, politikus keturunan India-Afrika Timur tersebut merupakan pendukung kuat Inggris keluar dari Uni Eropa (Brexit). Dia juga dinilai sebagai ahli kebijakan yang berorientasi pada detail.

Di India sendiri, Sunak lebih dikenal karena istrinya, yakni Akhshata Murty. Yang mana dia adalah putri taipan India, Narayana Murthy, yakni miliarder salah satu pendiri grup teknologi informasi Infosys.

Pada awal tahun ini, Sunday Times Rich List memasukkan nama Sunak dan Murty sebagai 250 orang paling kaya di Inggris.

Sebagaimana dikutip CNN, koran itu memperkirakan pasangan tersebut memiliki kekayaan senilai US$826 juta atau Rp12,8 triliun.

Sunak jadi salah satu politikus Inggris yang populer di media sosial. Ini karena aktivitasnya di medsos yang terkenal ramah. Oleh karena itu, Sunak pun mendapat julukan media “Rishi Dishy”.

2 thoughts on “Dapat Restu Raja Charles III, Rishi Sunak Resmi Jadi PM Inggris”

  1. Great weblog right here! Additionally yoᥙr site a lot up very fast!
    What web host are you the use of? Cɑn I gеt your associate hyperlink for your host?

    I desire my site loaded սp as fast as yours lol

  2. Its like ʏou read my mind! You seem to know so
    much about this, like you wrote the book in it or somethіng.
    I think that you could do with some pics tо drіve the message һome
    a bit, but other than thаt, this is wonderful blog.
    An eҳcellent read. I will dеfinitely be bаck.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *