Gadis Kasta Rendah Tewas Diperkosa, Ditemukan Bersimbah Darah dan Lumpuh 

Gadis Kasta Rendah Tewas Diperkosa, Ditemukan Bersimbah Darah dan Lumpuh 

TVN24 Online — Seorang gadis remaja kasta Dalit yang diduga tewas diperkosa oleh empat pria kasta atas, memicu kemarahan dari para aktivis India, politisi, dan bintang Bollywood pada Selasa (29/09/2020).

Sebanyak 200 juta orang Dalit yang merupakan kasta rendah di India, sudah lama mengalami diskriminasi dan pelecehan. Para aktivis pun mengatakan, jumlah kasusnya meningkat selama pandemi virus corona.

Diberitakan AFP, gadis 19 tahun itu diserang secara brutal di negara bagian Uttar Pradesh pada 14 September, menurut pengaduan yang diajukan keluarga kepada polisi.

Menurut keterangan pihak berwenang, keempat tersangka itu telah ditangkap. Korban ditemukan tergeletak berlumuran darah akibat luka di leher dan tulang belakang yang membuatnya lumpuh. Ia sempat dilarikan ke rumah sakit setempat sebelum dibawa ke New Delhi pada Senin (28/09/2020) karena kondisinya memburuk.

“Dia meninggal dalam perawatan pada Selasa pagi. Kami akan memastikan penyelidikan dan persidangan cepat dalam kasus ini,” kata kepala polisi distrik Hathras Vikrant Vir kepada AFP.

Kasus ini terjadi beberapa bulan setelah 4 pria digantung karena pemerkosaan dan pembunuhan geng brutal, terhadap seorang siswi di bus di Delhi pada 2012. Kasus itu menunjukkan India memiliki masalah pelik dengan kekerasan seksual, bahkan sampai kasusnya diangkat ke Netflix. Tokoh-tokoh Bollywood dan aktivis hak perempuan mengecam kasus terbaru itu di media sosial.

“Sedih, hari yang menyedihkan. Sampai kapan ini dibiarkan terjadi,” tulis sutradara-produser Farhan Akhtar.

Aktivis Kavita Krishnan mengatakan, serangan itu mencerminkan “gambaran kekerasan struktural” yang lebih besar terhadap wanita-wanita Dalit. Priyanka Gandhi anggota partai oposisi Kongres, menyalahkan serangan itu pada situasi hukum dan ketertiban yang memburuk di Uttar Pradesh, yang dipimpin Bharatiya Janata Party partainya PM Narendra Modi.

Wanita di India mengalami tingkat kekerasan seksual yang mengkhawatirkan, terlepas dari kasta atau kelas mereka. Hampir 34.000 kasus perkosaan dilaporkan di “Negeri Bollywood” pada 2018, tetapi angka sebenarnya dipercaya jauh lebih besar, karena banyak korban takut melapor.