Hormati Ramadhan, Ahok batalkan permohonan banding

ahok-di-vonis-2-tahun-diantara-intervensi-dan-cacat-hukum

TVN24 Online – Mantan Gubernur DKI Jakarta dan sekaligus terdakwa didalam kasus penodaan agama, Basuki Thajaja Purnama atau Ahok batal mengajukan banding atas vonis selama dua tahun penjara terhadap dirinya. Permohonan banding ini batal atas adanya permintaan dari keluarga Ahok.

Salah seorang pengacara Ahok, Josefina Syukur mengatakan bahwa adanya permintaan agar banding tidak diajukan tersebut datang dari istri Ahok, Veronica Tan.

Menurutnya, istri Ahok telah menyampaikan hal itu didalam pertemuan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Senin ( 22/5/17 ).

“Ini atas permintaan dari keluarga Ahok. Tadi dari pihak keluarga juga telah melakukan konsultasi di pengadilan dan akhirnya diputuskan seperti itu,” kata Josefina, Senin ( 22/5/17 ) sore.

Kuasa hukum Ahok, Josefina saat ini belum bersedia untuk membeberkan alasan dibatalkannya pengajuan banding tersebut oleh pihak Ahok.

“Sebab,lanjutnya, Veronica Tan langsung yang akan menyampaikan alasan tersebut didalam jumpa pers yang akan dijadwalkan diadakan pada Selasa ( 23/5/17 ).

“Akan kami jelaskan besok siang, yang menjelaskan Bu Vero langsung,” ucap Josefina.

Adapun Ahok telah di vonis selama dua tahun penjara atas kasus penodaan agama. Di dalam vonis, tim kuasa hukum Ahok menyatakan akan melakukan banding atas vonis tersebut.

Sementara itu, Salah satu pengacara Ahok, Ronny Talapessy menilai apa yang telah dilakukan oleh Ahok merupakan seorang negarawan.

“Menurut saya beliau itu seorang negarawan, bersikap yang menurut kami beliau telah menerima putusan itu. Ya tentunya ini ada pertimbangan keluarga. Kami dari tim kuasa hukum melihatnya seperti itu, kan kami sudah beberapa kali diskusi. Ini merupakan sikap gentleman, seorang ksatria. Beliau sudah siap menerima keputusan itu,” kata Ronny, Senin ( 22/5/17 ).

Menurut Ronny, salah satu pertimbangan dari Ahok adalah kemungkinan adalah untuk menghindari polemik berlanjut. Ahok, lanjut Ronny, sangat menghormati umat Islam yang akan segera bertemu dengan bulan Ramadhan.

“Ini merupakan rasa hormat beliau kepada umat islam. beliau tidak ingin jika nanti banding berlanjut, ada demo demo yang dapat menggangu ibadah umat muslim di bulan Rmadhan. Kalau ada seperti itu lagi ya kan aparat bertugas juga, kan ada juga petugas yang muslim dan berpuasa, jadi menurut saya, Pak Ahok telah mencabut banding itu karena menghormati umat islam,” tutur Ronny. ( TVN24 Online ).