Ini Alasan El Chapo Raja Narkoba Dibui Hingga Tak Bisa Lihat Matahari!

TVN24 Online — Joaquin ‘El Chapo’ Guzman yang merupakan raja narkoba Meksiko, merasa tak tahan hingga meminta tolong Presiden Andres Manuel Lopez Obrador karena “siksaan mental” di penjara Amerika Serikat.

Jose Refugio Rodriguez, pengacara dari El Chapo mengungkapkan, jika kliennya menerima siksaan yang tak manusiawi selama ditahan di AS.

Siksaan tersebut adalah deraan mental sebab dia tak bisa melihat matahari selama enam tahun di penjara AS.

“Selama enam tahun Joaquin [El Chapo] berada di Amerika Serikat, dia belum melihat matahari,” ujar Rodriguez dikutip dari AFP, pada Selasa (17/1).

Mengapa El Chapo tak bisa melihat matahari?

Memang, AS menjaga El Chapo sangat ketat mengingat gembong narkoba paling dicari tersebut pernah dua kali kabur dari penjara di Negeri Paman Sam.

Sebagaimana dilansir CNN, El Chapo pertama kali kabur tahun 2001 lalu, setelah dia menyuap sipir penjara di Puente Grande. Ia kabur dengan bersembunyi di bak cucian kotor.

Kemudian yang kedua, pada 2015, saat El Chapo lari dari penjara Altiplano. Saat itu, El Chapo kabur setelah membuat terowongan rahasia selama berbulan-bulan, dia pun lalu dijemput sopirnya.

Aksi kaburnya ini kemudian membuat AS menganggap dia amat berisiko untuk melarikan diri.

Akhirnya AS memutuskan menempatkan dia di sel ketat di Kota New York selama 23 jam sehari dengan lampu yang menyala setiap saat.

Menurut laporan Amnesty International pada 2017 lalu, selama di penjara, El Chapo hanya diberi waktu satu jam untuk berolahraga di ruang tahanan kecil tanpa bisa mengakses udara maupun cahaya matahari.

Berdasarkan dokumen tim kuasa hukumnya, El Chapo tak boleh olahraga di ruang yang dipakai tahanan lain “yang berisi satu treadmill dan satu sepeda statis.”

NBC juga melaporkan, bahwa dia juga tidak diperbolehkan berbicara dengan istri atau anggota keluarganya yang lain.

Kondisi yang ketat itulah yang sampai-sampai disebut lebih parah daripada penjara lain di AS, termasuk penjara super ketat di Colorado.

“Guzman ditahan di penjara dengan kondisi paling buruk dan paling ketat dari penjara mana pun,” ujar pengacara pembela publik Michelle Gelernt, dikutip Reuters.

Jaksa penuntut AS berpendapat, jika tindakan keras ini dikenal dengan Tindakan Administratif Khusus, yang mana ini merupakan suatu cara untuk mencegah El Chapo kabur seperti sebelumnya.

Tindakan ini juga digunakan untuk mencegah dia berkomunikasi dengan kartelnya yang hingga sekarang masih aktif menjalankan organisasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.