Jepang Hadapi Suhu Terpanas September Ini!

TVN24 Online — Rekor suhu terpanas dicatatkan Jepang selama September dengan rata-rata suhu mencapai 27-27,9 derajat Celsius di sejumlah daerah. Di mana naik lebih tinggi 2,66 derajat Celsius dari biasanya pada bulan yang sama.

Menurut data Badan Meteorologi Jepang, suhu tersebut menjadi yang terpanas selama September, semenjak 125 tahun terakhir.

“[Ini] gambaran tertinggi sejak pencatatan dimulai pada 1898,” sebagaimana pernyataan badan tersebut pada Senin (2/1), dilansir dari AFP.

Masayuki Hirai yang merupakan anggota Badan Meteorologi Jepang mengatakan, lonjakan rata-rata suhu hingga 2,66 derajat Celsius ini adalah hal yang luar biasa.

“Kalau ini bukan suhu tinggi yang tidak normal, saya tidak tahu apa itu,” kata Hirai.

Jepang Alami Suhu Terpanas di Bulan September Sejak 125 Tahun -  Koran-Jakarta.com

Diketahui, Jepang memecahkan rekor rata-rata suhu tertinggi berdasarkan pengamatan 101 dari 153 lokasi, pada bulan lalu.

Sejumlah lokasi tersebut mencakup Tokyo, dengan suhu tertinggi sepanjang masa yaitu 26,7 derajat Celsius, Osaka dengan 27,9 Celsius, dan di Nagoya dengan 27,3 Celsius.

Bukan hanya Jepang, negara seperti Austria, Perancis, Jerman, Polandia dan Swiss juga mencatatkan rekor suhu terpanas pada September ini.

Rekor suhu terpanas juga dialami Inggris pada September sejak pencatatan dimulai pada tahun 1884.

Diperkirakan, pada tahun ini akan menjadi tahun terpanas dalam sejarah umat manusia seiring dengan perubahan iklim yang semakin cepat.

Copernicus Climate Change Service (C3S) Uni Eropa melaporkan, suhu rata-rata global pada Juni, Juli dan Agustus adalah 16,77 derajat Celsius.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *