Misi Jokowi Damaikan Ukraina-Rusia Dipuji Xi Jinping

TVN24 Online — Presiden China Xi Jinping dikabarkan memuji kunjungan dari Presiden Joko Widodo dalam misi damainya ke Ukraina dan Rusia pada akhir Juni lalu.

Pujian tersebut diberikan Xi ketika dia bertemu Jokowi di gedung tamu kenegaraan Diaoyutai, Beijing, Selasa (26/7) sore.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengatakan , Xi Jinping sangat mengapresiasi kunjungan Jokowi ke kedua negara yang kini tengah berperang itu.

“Kunjungan ini dinilai Presiden Xi menunjukkan tanggung jawab Indonesia sebagai negara besar,” kata Retno dalam pernyataan resminya.

Kerjasama kedua negara

Bukan hanya memberikan apresiasi atas langkah Jokowi, China dan Indonesia juga membahas beberapa hal dalam pertemuan tersebut. Mulai dari isu mengenai ASEAN, G20, sampai pada kerja sama di bidang ekonomi.

Retno mengungkapkan, sebagai negara ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia menjadi tempat yang penting untuk China dan kawasan. Apalagi, saat ini Indonesia tengah memegang Presidensi G20 dan tahun depan akan menjadi Ketua ASEAN.

“Mengenai ASEAN, Indonesia berkomitmen untuk menjadikan ASEAN relevan, tidak saja bagi masyarakat Indonesia namun juga untuk kawasan dan dunia,” ungkap Retno.

Indonesia juga menyampaikan penghormatan atas dukungan China pada keketuaan Indonesia di G20.

Di bidang ekonomi sendiri, Jokowi dan Xi Jinping menyampaikan komitmen mereka untuk memperkuat kerja sama antar kedua negara.

Bahkan, Xi memperlihatkan kemesraan hubungan antara China-Indonesia ketika menyambut kedatangan dari Presiden Joko Widodo.

“Yang Mulia (Presiden Jokowi) adalah Kepala Negara pertama yang diterima pihak China setelah Olimpiade Musim Dingin Beijing. Hal ini cukup membuktikan betapa mesranya antara hubungan kedua pihak,” kata Xi sebagaimana dikutip dari rilis Sekretariat Presiden RI.

Pada pertemuan tersebut, China juga berkomitmen untuk meningkatkan impor produk pertanian Indonesia.

Tak sampai disitu, kedua pemimpin juga membahas tentang pentingnya kerja sama konkret yang saling menguntungkan dalam konteks Global Development Initiative (GDI).

Dari kunjungan Indonesia ke China juga menghasilkan sejumlah kesepakatan di antaranya:

1. Pembaruan MoU Sinergi Poros Maritim Dunia dan Belt Road Initiative

2. MoU Kerja sama Pengembangan dan Penelitian Vaksin dan Genomika

3. MoU mengenai Pembangunan Hijau

4. Pengaturan Kerja sama Kelautan

5. Protokol mengenai ekspor nanas Indonesia

6. Pengaturan Kerja Sama Pertukaran Informasi dan Penegakan Pelanggaran Kepabeanan

7. Rencana Aksi Kerja Sama Pengembangan Kapasitas Keamanan Siber dan Teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *