Panglima TNI dilarang mengunjungi AS, ini penjelasan Menkopolhukam Wiranto

Panglima TNI dilarang mengunjungi AS, ini penjelasan Menkopolhukam Wiranto

TVN24 Online – Menkopolhukam Wiranto menyebutkan adanya kesalahan dalam administrasi yang menyebabkan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dilarang untuk memasuki Amerika Serikat (AS ).

Wiranto juga berharap agar masyarakat tidak gaduh lagi terkait dengan insiden tersebut.

“Kan sudah ada penjelasan bahwa itu merupakan kesalahan administrasi, kemudian juga ada penjelasan, silakan panglima TNI dan istri untuk mengunjungi Amerika Serikat,” ujar Wiranto, Jakarta Pusat, Jumat ( 27/10/17 ).

Penolakan untuk dapat memasuki wilayah Amerika Serikat disampaikan Panglima TNI pada Sabtu ( 21/10/17 ).

Saat itu Gatot Nurmantyo dan istrinya Enny Trimurti beserta sejumlah staf Panglima TNI hendak terbang ke AS dengan menumpangi pesawat Emirates Airlines dari Bandara Soekarno-Hatta.

Panglima TNI beserta rombongan yang hendak ke AS diketahui untuk memenuhi undangan dari Panglima besenjata AS Jenderal Joseph F Dunford, Jr.

Namun sesaat sebelum berangkat, maskapi penerbangan memberitahukan bahwa Gatot Nurmantyo dan istri dilarang untuk masuk ke AS oleh United State of Custom dan Border Protection.

Akibatnya, rombongan batal untuk berangkat ke AS.

Baca juga :  SBY bertemu Jokowi, ini yang disampaikan SBY

Panglima TNI kemudian melaporkan hal tersebut ke Presiden Jokowi, Menkopolhukam Wiranto serta Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Selain itu, dirinya juga mengirim surat kepada Joseph F Dunford Jr.

Setelah itu, Keduataan Besar AS untuk Indonesia menyampaikan permohonan maaf dan menjamin jika rombongan Panglima dapat berangkat ke AS.

Namun hingga kini belum ada publikasi resmi dari pemerintah AS mengenai pelarangan Gator Nurmantyo untuk memasuki AS.

Wiranto mengimbau kepada semua kalangan masyarakat untuk tidak menggaduhkan hal tersebut .

“Tidak perlu ada yang diributkan lagi, tidak perlu ada satu gerakan yang kemudian memanas , kan sudah diselesaikan, permintaan maaf juga sudah dipenuhi, kemudian juga ada penjelasannya,” ujarnya.

Namun Wiranto tidak menjelaskan kesalahan administrasi sehingga panglima TNI dan istrinya dilarang masuk ke AS.( TVN24 Online )