Pengunduran Diri Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim

TVN24 Online — Chusnunia Chalim yang merupakan Wakil Gubernur Lampung menyerahkan surat pengunduran diri sebagai wakil kepala daerah. Ini di karenakan dia mencalonkan diri sebagai bakal calon legislatif (caleg) DPR RI pada Pemilu 2024.

“Semua sudah sesuai aturan serta prosedur, syaratnya (pencalonan) pun sudah dipenuhi,” ujar Chusnunia Chalim di Kota Bandar Lampung, Lampung, pada Senin (21/8).

Chusnunia menyatakan, dirinya sudah mengirimkan surat pengunduran dari jabatannya semenjak 11 Agustus lalu.

“Untuk itu, (surat pengunduran diri) sudah diserahkan, kalau tidak salah sekitar 11 Agustus kemarin, saya agak lupa,” ujarnya.

Di sisi lain, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Benni Irwan menyebut, surat pengunduran diri kepala daerah yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif tidak bisa dibatalkan.

“Untuk data mengenai pengunduran diri Wakil Gubernur Lampung, semua ada di KPU; dan berdasarkan regulasi yang ada, kalau sudah mengajukan surat pengunduran diri, maka tidak bisa ditarik kembali,” kata Benni Irawan.

Benni melanjutkan, apabila kepala daerah ataupun wakil kepala daerah mengundurkan diri untuk pencalonan Pemilu 2024, maka yang bersangkutan tidak lagi mempunyai status, hak, dan kewenangan sebagai kepala daerah semenjak menjadi daftar calon tetap (DCT).

“Jadi, kalau Wakil Gubernur Lampung sudah ditetapkan sebagai calon anggota DPR RI, maka saat itu yang bersangkutan tidak lagi memiliki hak dan kewenangan sebagai wakil kepala daerah. Untuk sekarang, yang bersangkutan masih boleh melaksanakan tugas,” lanjut Benni Irwan.

Diketahui akhir masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung berakhir pada Desember 2023.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pun sudah mengumumkan nama bakal caleg DPR RI dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Pemilu 2024.

Di dalam DCS Pemilu 2024 tersebut, nama Chusnunia Chalim masuk sebagai bakal caleg dari Daerah Pemilihan (Dapil) Lampung II dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *