Presiden Jokowi Akan Bertindak Tegas Bila Freeport Tidak Mau Diajak Berunding

Presiden-Jokowi-akan-bertindak-tegas-bila-freeport-tidak-mau-diajak-berunding

TVN24– Masalah mengenai PT. Freeport hingga saat ini belum juga selesai, setelah sebelummnya para karyawan yang bekerja disana telah dipulangkan sebagian karena tidak beroperasionalnya pertambangan. Kini Presiden Joko Widodo angkat suara sudah, dengan menengaskan bahwa pihak Pemerintahan tidak akan mundir dan terus maju terhadap tekanan dari Pihak PTFI.

Presiden Jokowi mengatakan akan melakukan sikap tegasnya bila Freeport masih  saja tidak mau diajak untuk bernegosiasi.

“Bila Memang sulit untuk dibicarakan dan sulit untuk berunding maka saya akan bertindak, ungkap Jokowi ketika di temui. Jakarta (23/02/2017)

Mengenai Pembahasan Negosiasi Presiden jokowi telah menyerahkan tanggung jawab tersebut kepada ESDM (Menteri Energi Sumber Daya Mineral) yakni Ignasius Jonan. Dalam tahap Runding yang akan dilaksanakan selama 120 hari mendatang diharapkan akan ada solusi yang dapat segera untuk dipecahkan dan tentunya tidak lagi berbelit. Tahap akhir yang harus dicapai adalah solusi antar kedua belah pihak yang saling mengutungkan.

“Ini adalah permasalah di Bisnis, jadi Saya akan mempercayakan tanggung jawab ini kepada pihak menteri untuk dapat segera menuntaskan permasalahan yang ada. jadi ya sama-sama enak, itu yang kita harapkan”. imbuh Beliau.

Awalnya diketahui bahwa PT. Freeport nampak tidak menerima aturan dari peribhan Kontrak kerja yang ada, sehingga terkesan memang menantang pihak Pemerintah. Adapun saat ini Pihak Pemerintah menyarankan agar KK dapat diubah ke dalam Izin usaha PertambanganKhusus atau (IUPK), dengan divestasi sebesar 51% serta kewajiban pajak yang masih belum dibayarkan.

PT. Freeport yang berada dibawah naungan dari PT. Freeport McMoran yang ada di AS tersebut menyatakan rasa keberatanya terhadap perubahan KK yang menjadi IUPK. Perusahaan Pertambangan itu juga membuat Presdir Freeport McMoran, Richard C Adkerson  rela untuk datang jauh-jauh dari negeri Pamn Sam hanya untuk menyampaikan bawa pihak mereka akan menempuh jalur arbitrase Internasional bila nantinya tidadk tercapainya kesepakatan bersama ketika perundingan tersebut.

Jonan mengatakan bahwa dirinya sangat geram dengan sikap keras kepala dari Freeport, bukan hanya itu dirinya juga terlihat menyindir PTFI ,termasuk dengan memberikan kuliah umum di universitas Muhammadiyah Malang. Jonan melontarkan bahwa bukan menjadi suatu permasalahan besar walaupun harus berurusan dengan Tambang Emas terbesar di dunia itu, Jadi tidak perlu sombong.

Menteri ESDM juga menambahkan Freeport mungkin termasuk dalam pertambangan emas terbesar yang ada, namun dirinya membandingan Freeport dengan perusahaan tambang lain seperti Exxon dan Chevron, yang lebih menaati kewajiban dan aturan yang ada, tidak seperti Freeport yang begitu banyak masalah. selama 25 tahun terakhir diketahui PTFI hanya membayar pajak sekitar Rp 8 triliun per tahunnya,Angka Nominal ini pun bila dihitung masih masuk dalam kategori yang tidak begitu besar untuk taraf seperti Freeport.