SBY bertemu Jokowi, ini yang disampaikan SBY

SBY bertemu Jokowi, ini yang disampaikan SBY

TVN24 Online  – Pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat , Susilo Bambang Yudhoyono dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jumat ( 27/10/17 ) siang membicarakan sejumlah hal.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan menyebutkan Undang-Undang Ormas juga menjadi salah satu hal yang dibahas didalam pertemuan tersebut.

“Saya pikir mengenai UU ormas, Mungkin Pak SBY hanya membicarakan secara garis besarnya saja, Nantinya pemerintah di eselon berikutnya yang akan bekerja dan menyusun rancangannya. Tapi kan poin-poinnya juga sudah dibicarakan hanya sepintas,” kata Syarief, Jakarta, Jumat ( 27/10/17 ).

Menurutnya, ada sejumlah poin revisi yang telah dipersiapkan partai Demokrat diantaranya paradigma hubungan antara negara dengan ormas, pemberian sanksi serta pihak yang berhak menafsirkan ormas yang bertentangan dengan Pancasila.

“Antara lain menyangkut pembubaran, terus yang kedua berupa sanksi, ketiga itu siapa yang dapat menilai ormas Pancasialis atau tidak. Kemudian ada juga proses peringatan dan sebagainya. Yang penting kan ada pembinaan,”kata Syarief.

Baca juga : Ajak lawan hoaks, ternyata Lulung lakukan hal ini…

SBY juga menyampaikan supaya pemerintah dapat segera menyusun draf revisi UU ormas dan disampaikan ke DPR tahun ini.

“Tentunya untuk melakukan revisi harus ada rancangannya. Ada persiapannya. Tidak bisa sekarang langsung revisi, mestinya ada rancangannya dulu dan itu harus dibuat. Butuh waktu juga. Kita mengerti hal itu, tapi harapannya dapat secepatnya,”katanya.

Selain membahas UU ormas, sambung Syarief, SBY juga membicarakan mengenai kondisi dan tantangan Indonesia pada dua tahun kedepan sebelum masa jabatan Jokowi berakhir pada 2019.

“Yang penting ini kan dua tahun kedepan, dua tahun kedepan itu pemerintah harus dapat lebih baik. Harapannya begitu,”katanya.

Sebelumnya, staf khusus Presiden bidang komunikasi, Johan Budi Sapto Pribowo mengaku tidak mengetahui banyak apa yang menjadi topik pembicaraan antara Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono dengan Presiden Jokowi.

Sebab, pertemuan keduanya di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan yang dilakukan hanya empat mata. ( TVN24 Online)