SIAP-SIAP! TIDAK ADA LAGI UPDATE UNTUK PENGGUNA ANDROID JELLY BEAN

TVN24 Online — Sang raksasa teknologi, Google mengumumkan bahwa pihaknya akan menghentikan pembaruan atau update pada layanan sistem operasi Android Jelly Bean (JB).

Hal ini dilakukan lantaran Android Jelly Bean dianggap sudah terlalu tua. Pemberhenian ini berlaku untuk Andoid Jelly Bean dengan versi 4.1, 4.2, dan juga 4.3.

Selain info pemberhentian update pada Android Jelly Bean, Google memberitahukan bahwa Android Jelly Bean masih akan mendapatkan satu kali lagi pembaruan. Pembaruan terakhir ini akan datang pada bulan Agustus 2021 mendatang.

Jelly Bean pertama kali dirilis sembilan tahun lalu pada tahun 2012. OS ini disebut membawa peningkatan besar seperti Project Butter, yang membuat UI berjalan dengan lancar. Penambahan lainnya termasuk Google Now, Android Beam yang sekarang sudah tidak digunakan lagi.

Selain itu terdapat juga fitur perluasan notifikasi dan kemampuan untuk menonaktifkan notifikasi dari masing-masing aplikasi, bersama dengan sejumlah peningkatan pada audio.

Versi Android 4.2 datang di tahun yang sama, yaitu di akhir tahun 2012. Dan kemudian versi 4.3 hadir satu tahun kemudian di tahun 2013. Keduanya tetap menggunakan nama Jelly Bean.

Dengan usianya yang sudah 9 tahun, Google sudah menghadirkan banyak update untuk Android Jelly Bean ini meski sekarang pihaknya sudah menghimbau para pengguna untuk melakukan upgrade Ke versi yang lebih baru.

Ketiga layanan Andoid Jelly Bean ini diketahui hanya memiliki kurang dari 1 persen pengguna Android aktif. Dari hal ini, Google tidak yakin bahwa layanan ini benar-benar digunakan.

Karena jumlah pengguna yang sangat sedikit itu, Google merasa tak perlu lagi menghabiskan sumber daya dan waktu bagi para developer untuk mendukung Jelly Bean di perangkat Android.

Pihaknya menilai versi lama membutuhkan banyak penanganan kasus khusus, seperti laporan dari Android Developers.

Biasanya Google akan mematikan Android versi lama yang sudah jarang digunakan demi efektivitas pekerjaan. Maka dari itulah penghentian update Play Services ini tidak akan mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia.

 

Update Dihentikan

Lalu apa artinya jika update untuk Play Services telah dihentikan? Nantinya pengguna tidak bisa untuk mendapatkan update keamanan lagi secara langsung dari Google. Kemungkinannya nanti layanan seperti Google Maps, YouTube, hingga Gmail tidak bisa diakses lagi.

Namun meski pun demikian, ponsel dengan Android Jelly Bean masih dapat menginstal versi aplikasi yang lebih lama, tetapi pengguna tidak bisa menggunakan aplikasi dalam versi yang terbaru.

Tetapi, jika pada suatu aplikasi menemukan jika sebagian besar pengguna mereka masih menggunakan Android Jelly Bean, pengembang dapat mengunggah beberapa APK ke Play Store sehingga perangkat Android 4.1, 4.2 dan 4.3 dapat terus menerima pembaruan aplikasi.

 

Fitur Android 12

Google resmi memperkenalkan sistem operasi terbarunya yaitu Android 12 versi beta preview dalam ajang tahunan Google I/O secara online. Sistem operasi Android 12 akan menawarkan sejumlah pembaruan dari sisi desain dan juga fitur-fiturnya.

Berikut adalah fitur-fitur terbaru dari Android 12 seperti yang dikutip dari Android Authority:

1. Material You

Desain Android 12 mengalami perubahan visual terbesar dalam beberapa tahun belakangan ini. Android 12 akan hadir dengan bahasa desain baru yaitu ‘Material You’. Desain Android 12 lebih minimalis dengan pilihan warna yang lebih beragam.

Nantinya, saat pengguna memilih salah satu wallpaper, maka sistem akan menyesuaikan warna panel secara otomatis sesuai dengan warna yang dominan pada wallpaper yang dipilih oleh pengguna.

 

2. Panel Baru

Android 12 menghadirkan menu tampilan baru Quick Tiles. Saat pengguna, menggulirkan bilah notifikasi ke bawah, pengguna akan menemui deretan menu berbentuk kotak, bukan berbentuk bulat seperti yangada  pada Android 11. Pada menu pull-down, area notifikasi nantinya tak lagi transparan, dan diganti dengan warna yang solid. Tentunya, warna yang akan ditampilkan tergantung pada tema yang digunakan oleh pengguna.

 

3. Fitur Privasi

Google menyematkan sejumlah fitur privasi baru ke dalam aplikasi untuk memberi pengguna lebih banyak transparansi dan kontrol terhadap data pribadi mereka. Ada juga fitur Privacy Dashboard yang memungkinkan para pengguna untuk dapat melihat informasi tentang berapa banyak aplikasi yang mengakses lokasi, kamera, dan mikrofon pada 24 jam terakhir.

Fitur ini juga menawarkan pilihan untuk memberikan izin sementara atau menolak izin aplikasi yang ingin mengakses data tertentu pada ponsel pengguna.

 

4. Desain Notifikasi Baru

Andoid 12 juga menawarkan perubahan desain notifikasi sehingga terlihat lebih modern dan fungsional. Google juga meningkatkan kinerja pada Android 12 untuk membuat perangkat jadi lebih responsif. Pengguna nantinya bisa langsung masuk ke dalam aplikasi ketika mengetuk notifikasi yang muncul.

 

5. Berbagi Koneksi WiFi Lebih Mudah

Sebelumnya, ketika ingin membagikan koneksi WiFi dengan perangkat lain, pengguna harus membuat kode QR terlebih dahulu. Sekarang pada Android 12, cukup dengan menekan opsi “Nearby” untuk memunculkan kode QR tersebut secara langsung. Dengan demikian, pengguna bisa mengirimkan kredensial WiFi kepada siapa pun yang diinginkan.

 

6. Mode Satu Tangan

Android 12 pun juga menyertakan perubahan desain antarmuka untuk memudahkan pengoperasian ponsel Android dengan menggunakan satu tangan atau bisa disebut One-handed mode.

Pada one-handed mode ini, antarmuka dari Android 12 akan mengecil secara vertikal ke bagian bawah layar ponsel. Jika ingin kembali ke mode normal, pengguna hanya tinggal mengusap atau swipe ke atas. Selain itu bisa juga mengetuk bidang kosong di atas bilah one-handed mode yang sedang berjalan.