Tak Pakai Android, Huawei Luncurkan HarmonyOS April

Tak Pakai Android, Huawei Luncurkan HarmonyOS April

TVN24 Online — Huawei resmi menggunakan sistem operasi besutan mereka HarmonyOS pada seluruh lini handphone (hp) flagship pada April mendatang.

Hal ini diumumkan Huawei, pada Senin (22/2), bersamaan dengan peluncuran ponsel lipat anyar perusahaan itu, Mate X2. Huawei Mate X2 disebut akan hadir tanpa dilengkapi dengan sistem operasi Android.

BACA JUGA : Kasus Anak Pra Sekolah Tewas di Mesin Cuci yang Menyala

Sehingga, Mate X2 akan jadi salah satu yang pertama mendapat pembaruan software HarmoyOS April mendatang.

Sebelumnya akibat perang dagang China-Amerika Serikat (AS), AS melarang semua perusahaan AS untuk bekerjasama dengan Huawei.

Akibatnya, perusahaan teknologi China itu tak bisa mengakses semua layanan Google, mulai dari aplikasi hingga pembaruan Android.

Huawei sebelumnya sudah beberapa tahun membangun HarmonyOS. Namun, sistem operasi ini ditujukan untuk ekosistem Internet of Things (IoT), bukan disiapkan untuk sistem operasi smartphone.

Sistem operasi ini sudah digunakan pada speaker, wearable, dan berbagai perangkat cerdas lain besutan Huawei.

Kepada CNBC, Huawei menyebut pengguna di luar China bisa mengunduh sistem operasi ini juga.

BACA JUGA :  Cerita Driver Makanan Dapat Tip Rp 3,5 Juta, Pemesan Minta Doa Cepat Punya Anak

Hingga saat ini, belum diketahui bagaimana cara kerja HarmonyOS. Namun, Huawei menjanjikan pergantian sistem operasi ini bakal terasa mulus bagi pengguna, seperti dilaporkan TechRadar.

Huawei sendiri telah mengumumkan soal HarmonyOS sejak 2019. Saat itu pengumuma dilakukan merespons kebijaka pemerintah AS yang melarang Google bekerjasama dengan Huawei.

Tak cuma software, AS juga melarang suplai perangkat keras bagi perusahaan China itu. Akibatnya, kebijakan ini mencederai bisnis smartphone Huawei. Huawei pun turun dari peringkat dua dunia ke peringkat tiga, setelah Samsung dan Apple.