TMP Kalibata Jadi Tempat Peristirahatan Terakhir Tjahjo Kumolo

TVN24 Online — Upacara pemakaman Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, dipimpin oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Jumat (1/7).

“Saya Pratikno, Menteri Sekretaris Negara, atas nama negara, bangsa dan Tentara Nasional Indonesia, dengan ini mempersembahkan gelar persada Ibu Pertiwi, jiwa raga dan jasa-jasa Almarhum Haji Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” kata Pratikno.

“Semoga jalan darma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua dan arwahnya mendapat tempat yang semestinya di alam baka,” tambah Pratikno.

Diketahui, Tjahjo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo,  sekitar pukul 11.10 WIB Jumat (1/7).

Putri dari Tjahjo, Rahajeng Widyaswari, menjelaskan sang ayah sempat dirawat di rumah sakit selama sekitar dua minggu.

Beberapa pejabat negara dan politkus hadir di pemakaman Tjahjo. Mereka bergantian datang sejak pukul 16.00 WIB.

Mereka yang datang antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Lalu ada Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, hingga Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Kemudian, Ketua DPR Puan Maharani, Kepala BPOM Penny K. Lukito, Kepala BNPT Boy Rafli Amar, Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto, dan mantan Kepala BIN AM Hendropriyono,

Terlihat juga Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Tenaga Ahli KSP Ali Mochtar Ngabalin.

Namun, tidak terlihat ada Megawati dalam proses pemakaman ini. Politikus PDIP Deddy Sitorus menuturkan, Megawati mengikuti prosesi pemakaman Tjahjo secara online melalui kanal Youtube PDIP.

“Kemungkinan besar Ibu Megawati dengan zoom di kanal Youtube PDI-Perjuangan,” ujar Deddy di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

Sementara, ketika melayat ke rumah duka, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengatakan Megawati menitipkan ucapan belasungkawa untuk seluruh keluarga besar Tjahjo.

Puan juga mengatakan, sang ibu dan juga seluruh kader PDIP mendoakan supaya Tjahjo diberi tempat terbaik di sisi Tuhan.

“Saya ingin sampaikan keluarga ibu Megawati Seokarnoputri dan keluarga besar PDIP. Kami ikut berdukacita sedalam-dalamnya atas wafatnya bapak Tjahjo Kumolo,” ujar Puan kepada awak media.

“Semoga amal ibadah beliau diterima Allah dan diberikan tempat terbaik. Dan beliau menjadi husnul khotimah amiin,” tambahnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.