“Transformer dan T-Rex”, Sambut Siswa Kembali Masuk Sekolah Setelah Lockdown

“Transformer dan T-Rex”, Sambut Siswa Kembali Masuk Sekolah Setelah Lockdown

Berita Trend Masa Kini — Beberapa pelajar di Malaysia sudah bisa kembali bersekolah mulai Senin (1/3/2021). Sesuai kebijakan Kementerian Pendidikan Malaysia, pembukaan sekolah di “Negeri Jiran” akan dibuka secara bertahap.

Dimulai dari tingkat taman kanak-kanak, dan siswa sekolah dasar kelas 1 dan 2. Siswa yang menghadiri sesi sekolah akan melakukan pembelajaran tatap muka di bawah aturan kesehatan yang ketat dari gerbang sekolah hingga selama sesi pengajaran.

Uniknya, cara berbeda digunakan guru-guru di Malaysia menyambut kedatangan siswa setelah lama melakukan pembelajaran jarak jauh. Guru di seluruh Malaysia telah menggunakan beberapa taktik kreatif untuk membuat siswanya merasa lebih nyaman di lingkungan sekolah.

Para guru berharap cara itu dapat menenangkan pikiran siswa, meski masih harus belajar dengan berbagai aturan kesehatan yang ketat.

Dalam sebuah video yang dibagikan pengguna Twitter, Izzuddin (@k_izzuddin) tampak beberapa Robot Transformer digunakan untuk menghibur siswa yang kembali ke sekolah. Video berdurasi 18 detik itu dengan cepat menjadi viral dan mengumpulkan hampir 8.000 lebih retweet.

Netizen memuji upaya para guru untuk menyambut murid-muridnya. Berbicara dengan World of Buzz, Izzuddin mengatakan guru di sekolah lain bahkan menggunakan maskot lain. Ada maskot T-Rex dan Mickey Mouse menyapa siswa di gerbang sekolah.

“Inisiatif yang bagus semuanya! Selamat untuk para guru dan sekolah atas usaha mereka. Semoga semuanya berjalan dengan baik dan kalian semua menjaga keamanan sekolah untuk anak-anak.”

Menurut Anadolu Agency, Malaysia melanjutkan pendidikan tatap muka untuk siswa prasekolah sampai sekolah dasar kelas 1 dan 2 pada Senin (1/3/2021). Sekolah kembali dibuka setelah hampir dua bulan ditutup karena lonjakan kasus Covid-19 di beberapa kota. Siswa kelas 3-6 akan kembali ke sekolah minggu depan.

Sementara sekolah menengah akan memulai pendidikan tatap muka pada 4 April di Johor, Kedah, Kelantan, dan Terengganu, dan 5 April di negara bagian lain. Sekolah internasional dan lembaga pendidikan swasta juga akan dibuka kembali minggu depan.

Kementerian Pendidikan Malaysia memberikan bimbingan kepada siswa dalam pesan ucapan selamat yang di unggah di halaman Facebook-nya.

“Pastikan kamu (siswa) memakai masker wajah, menjaga jarak fisik, dan selalu cuci tangan dengan air dan sabun atau gunakan pembersih tangan,” katanya.

Sebelumnya, kementerian mendistribusikan Pedoman dan Model Manajemen Pembukaan Kembali Sekolah untuk semua sekolah di seluruh negeri. Ada tata cara memasuki gerbang sekolah, saat berada di sekolah, hingga pulang ke rumah.

Semuanya sudah termasuk dalam pedoman. Malaysia sejauh ini mencatat lebih dari 302.580 kasus Covid-19, termasuk 1.135 kematian dan 275.903 yang sudah berhasil sembuh.